FB : De Pe Elmiyana
e-mail: depe.elmiyana@yahoo.com

Senin, 08 Oktober 2012

Reflek Berenang pada Bayi


Beberapa waktu yang lalu, sempet nonton acara bayi-bayi yang ditayangin salah satu stasiun TV. Nah pas itu, ditayangin tuh fotografi di dalam air dimana bayi-bayi belum genep setengah taun pada dipotret di dalam air.. Lhoh, kog orang tuanya gak khawatir bayinya bakal tenggelam yaa.. Gak habis pikir deh.. Nih, salah satu contoh fotonya.. Lucu kan.. 



Karena faktor penasaran, mulai deh sercing sana-sini. Dan ternyata bayi baru lahir hingga usia 3 bulan bisa langsung nyemplung ke dalam air tanpa takut tenggelam karena pada usia tersebut ia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. "Refleks melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggenggam dan refleks berjalan. Pernyataan ini diungkapkan oleh Dr Karel Staa dari RS Pondok Indah, yang juga mantan perenang pemegang rekor 200 meter gaya dada pada 1960-1962.

Jadi, bila kita meletakkan bayi usia di bawah 3 bulan di dalam air, secara otomatis ia akan menggerak-gerakkan kakinya menyerupai paddle dog sehingga tak tenggelam. Bisa dikatakan, pada usia di bawah 3 bulan bayi sudah bisa berenang dengan gaya primitif. Bukan berarti setelah usia tersebut bayi tak bisa berenang lagi, lho.

Kendati refleksnya sudah menghilang, ia tetap bisa melakukan gerakan berenang walaupun tak terorganisasi atau acak-acakan. Soalnya, dengan ada gaya gravitasi, ia merasa ditekan dari bawah air sehingga ia bisa mengambang. Ia pun jadi senang. Apalagi sejak di perut ibu, bayi sebenarnya juga sudah berenang dalam air ketuban selama 9 bulan.

Setelah lahir, kemampuannya berenang tinggal ditingkatkan saja. Bayi lebih gampang diajarkan berenang ketimbang orang dewasa karena bayi tak pernah memiliki faktor X, semisal bahaya. Bukankah bayi belum mengerti bahaya? Lagi pula, bayi sangat menyukai air sehingga ia pun akan suka diajak berenang. Nah, hal ini membuatnya jadi lebih mudah belajar berenang. "Secara medis, hal ini tak akan menimbulkan masalah karena merupakan proses alami." 

Jadi, buat para orangtua jangan khawatir untuk mengajarkan berenang pada bayi sekalian didokumentasikan yaa.. Pasti hasilnya bagus deh.. ^^

Sumber :
http://health.kompas.com/read/2010/12/17/15021680/Berenang.Bikin.IQ.Anak.Tinggi

0 komentar: